Geladi

Posted by Unknown on 18.47 with No comments
Hey halo, Akhirnya bisa nulis lagi pas emang lagi gak ada kerjaan di kantor. Oya sekarang kan lagi musim geladi ya, jadi bisalah nulis beberapa kegiatan pas geladi walaupun baru jalan kurang lebih 2 mingguan lebih (dari total 6 minggu). Tapi sebenernya apa sih geladi ? 



Singkatnya sih geladi itu magang. Kok semester 4 ? katanya sih ini kelebihan kampus punya BUMN ini, dimana ada geladi sama PKL. Kalo Geladi itu di semester 4, sedangkan PKL itu di semester 6. Sistemnya pun hampir mirip antara keduanya, boleh di telkom, boleh juga di perusahaan lain, tapi kalo PKL itu ngajuin surat nya secara mandiri nggak kaya geladi yang diajuin oleh kampus. CMIIW. 

Di Geladi ada banyak divisi kaya macem access network, infratel, customer service, business service, wibro, billing collection, dan banyak lagi -,-. Dan entah karena udah takdir atau efek pertanyaan ke GM Bekasi tentang penyetaraan dan standarisasi pelayanan pelanggan tiap wilayah pas pembukaan geladi, jadilah ditempatkan di divisi customer service. 

Nah kalo di hari keduanya peserta geladi masih dateng ke rawa tembaga buat pembagian lokasi kancatel untuk divisi customer service. Sebenernya sih ada enak ada nggaknya dapet lokasi di cibitung, tapi itu bukan masalah. Masalah utamanya itu pas nelpon kancatelnya atau bisa dibilang kepala kantor, ternyata nggak ada kerjaan buat jurusan teknik industri katanya, kalo mau paling ke jaringan, yaudah akhirnya di iyain aja daripada urusan panjang padahal nggak ngerti jaringan. Dan jadilah bisa dibilang ngejalanin 2 divisi yaitu divisi akses sama divisi customer service, ini ada beberapa foto tapi maaf kalo kurang bagus soalnya pake hp biasa hehe.



Kurang lebih kaya gini kantornya 

Dan 2 divisi yang dijalanin yaitu ;

1. Divisi Akses 

Sesuai cerita temen, sebenernya ini pekerjaan jurusan Telekomunikasi banget, tapi namanya juga belajar kan nggak masalah soalnya siapa tau nanti bisa kerja atau punya usaha yang bersinggungan sama bidang ini. Oya kalo di ruangan MDF ada perangkat macem EQN, Primer, DSLAM, Checker, Tes Line dan kawan kawannya, penjelasan lebih lengkapnya mungkin di laporan Geladi aja sekalian di upload.

Kegiatan di ruang MDF antara lain ;
1. Monitoring gangguan dengan program SISKA (Sistem Informasi Kustomer)
2. Menerima telepon 116 (dari petugas Telkom di lapangan)
3. Monitoring pasang baru (Speedy dan POTS/telepon) dengan program SISKA
4. Menjumper PSB (Telepon dan Speedy)
5. Mencabut jumperan (Telepon dan Speedy)
6. Mencetak SPK cabutan telepon melalui program SISKA



Tampak depan ruang MDF 



Salah satu sudut ruang MDF 



salah satu kerjanya ya kaya begini..


Daritadi dijelasin ada alat apa aja sama kegiatan apa aja di ruang MDF, sampe sampe lupa ruang MDF ini ruang apa. Ruang MDF atau Main Ditribution Frame ini semacam ruangan yang mengatur segala aktivitas jaringan dan berfungsi untuk sebagai penghubung antara kantor telkom ke rumah pelanggan. Nah untuk divisi ini sebernya nggak cuma di ruang MDF aja, tapi kaya ruang sentral terus ruang yang isinya kabel fiber optik (FO). 


salah satu sudut ruang sentral 



Ini optik bro...


2. Divisi Customer Service 

Sempet agak males juga denger cerita dari kakak tingkat tentang divisi ini, yang ada paling open table, bagiin brosur, jualan, nunggu lama terus pulang. Nggak bisa disalahin juga kalo ada yang bilang gitu, tapi sebenernya ini salah satu divisi yang penting dan nggak bisa dianggap enteng soalnya yang dikerjain ternyata nggak cuma gitu-gitu aja. nah kalo kegiatan pas ngejalanin divisi Customer Service (DCS) antara lain ;

1. Melakukan analisis pasar berdasarkan segmentasi, target dan positioning berdasarkan alpro (alat produksi) yang tersedia di tiap wilayah.
2. Menganalisis strategi pemasaran apa yang tepat pada suatu wilayah dengan karakteristik yang berbeda-beda
3. Menentukan wilayah atau bagian mana yang perlu dilakukan pemasaran terlebih dahulu dengan melihat traffic dari jaringan di wilayah itu, dan data ketersediaan alpro serta RTBU (ready to be use).
4. Menginformasikan kepada konsumen atau calon pelanggan tentang produk telkom baik dari sisi spesifikasi, harga hingga kelebihan dibanding
5. Dan masih banyak lagi...

Oya ada beebrapa foto juga sih, tapi kan nggak mungkin share data soalnya punya perusahaan, jadi share foto pas lagi OT (Open Table) aja kali ya.



Silahkan mas speedy nya 



Foto bareng pak afrizal 

Sebenernya ada beberapa lagi yang pengen di share disini, tapi daripada kepanjangan mending dibagi 2 aja kali ya. Oya maaf ya kalo tulisannya berantakan & nggak rapi soalnya emang nggak jago nulis sih. Sukses aja deh buat yang ngejalanin Geladi maupun KP, mudah-mudahan dapet banyak ilmu dan tambah wawasan yaa.