GIS Training

Posted by Unknown on 13.01 with No comments
Akhirnya bisa nyentuh blog lagi setelah hari-hari diisi sama jadwal semester 3 yang begitu memukau. Mungkin postingan kali ini mau review salah satu kegiatan di minggu kemaren. Kurang lebih tentang pelatihan lagi, tapi beda sama pelatihan sebelumya, liat dulu aja posternya.


Masih keinget jelas waktu pas registrasi pelatihan ini cuma tinggal sisa 3 seat, padahal waktu itu registrasinya di siang hari tanggal 16 september lalu atau tepatnya sekitar 6 jam dari postingan tentang pelatihan ini muncul di facebook, mungkin karena materinya atau gratisnya atau apalah entah, yang penting masih dapet kuota buat ikut pelatihan ini. Tapi apa sih GIS ? Geographic Information System ? iya, tapi apa penjelasannya ? mungkin tulisan dibawah bisa bantu kalian yang baca postingan ini atau minimal ada bayangan tentang GIS. 

GIS adalah suatu sistem informasi yang digunakan untuk mengelola data yang bereferensi geografis (data spasial). Atau bisa dibilang di pelatihan kemaren kita diajarin gimana caranya membuat peta dalam bentuk digital. Kenapa harus digital ? soalnya di peta digital, kita bisa ngelakuin aktivitas kaya mencari, menyimpan atau memperbarui data dengan lebih mudah dibanding peta analog. Contoh dari GIS adalah google maps.


Jadi di pelatihan ini kita diajarin untuk menambahkan komponen ke dalam suatu peta, misalnya membatasi antar daerah dengan daerah lain, lalu menambahkan komponen seperti jalan raya atau sungai dengan menggunakan type dan dengan beberapa langkah yang lumayan panjang untuk mengeksekusinya.

                                   

Terus apa hubungannya dengan teknik industri ? dengan GIS, kita bisa menentukan lokasi terdekat atau dimana saja lokasi untuk pendistribusian barang ke suatu daerah. Dengan GIS kita juga dapat mengetahui misalnya dimana titik-titik rawan bencana atau daerah yang memiliki konsumsi yang tinggi terhadap suatu barang tertentu.

Oya, software yang dipake pas pelatihan kemaren yaitu ARCGIS 9.3 

Dibawah juga ada sedikit dokumentasi pas pelatihan waktu itu


Bener-bener nggak nyesel ikut pelatihan ini, kakak-kakaknya baik dan ramah sama sabar ngajarinnya. Ngejelasinnya juga sampe peserta ngerti dan paham. Ditambah ada minuman sama beng-beng gratis yang katanya harus dimakan pas di lab dan malah suruh bayar kalo dibawa pulang -,-

Klik disini kalo mau belajar tentang GIS. Kebetulan pas kemaren di pelatihan masih basic aja (berupa modul) , tapi kalo emang mau tau lebih dalam monggo di download aja. Semoga bermanfaat.