100NGN Goes To IT Telkom

Posted by Unknown on 03.10 with No comments
Sekitar pertengahan liburan bisa dibilang cuma sedikit hal bermanfaat yang dilakuin. Ya di bekasi hanya looping saja yang dilakuin, paling ada beberapa yang menyenangkan seperti futsal bareng alumni 2011 & 2012 SMA, nge lan counter strike di warnet serta bukber bareng temen SMA, sisanya paling setiap pagi jadi chauffeur dadakan pak prayit yang udah males bawa mobil karena macetnya Jakarta yang makin nggak manusiawi. Sepulang dari yos sudarso, tanjung Priok (kantor pak prayit) akhirnya nyempatin diri liat grup di facebook, ada seminar seru rupanya, monggo diliat dulu posternya.


Harus diakui orang indonesia paling seneng sama sesuatu yang free, saya pun begitu, tetapi mungkin karena gengsi atau apalah saya pun senang dengan sesuatu yang limited. Free (kadang suka mikir kalo ikut seminar bayar, tapi bukan pelit) dan limited (cuma 100 peserta bos, pasti bukan seminar biasa) langsung saja saya kirim email reservasi ke alamat yang tertera, padahal waktu itu liburan terbilang cukup lama ke tanggal seminarnya (22 agustus), apalagi ke tanggal 2 september, ya lumayan sebenernya buat ketemu atau main sama pacar (kalo punya).


Nggak lama setelah ngirim langsung dibales, alhamdulillahnya masih dapet kuota, entah karena saya yang saking cepetnya ngirim email reservasi atau mahasiswa lain yang males buat dateng dari daerah asal ke Bandung cuma buat ikutan seminar setengah hari saja disaat liburan ? masa bodohlah sama hal itu -,-. Bahkan saking antusiasnya tepat tanggal 20 september saya minta pak prayit yang nganterin langsung sekaligus jadi chauffeur ke Bandung, bukan ajang balas dendam sih hanya saat itu memang sedang kurang sehat. 

Langsung aja ke seminarnya mungkin ya daripada kebanyakan cerita -_- Nggak lama setelah registrasi ulang peserta seperti biasa ada sambutan dari pihak fakultas baru setelah itu Pak Himawan memperkenalkan diri, menceritakan lika liku kehidupan beliau dari kecil hingga kuliah di Teknik mesin tetapi sukses dan berkarir di dunia IT, memaparkan apa saja keberhasilan beliau khususnya di bidang IT serta memberikan motivasi kepada peserta. Dibawah ada linkedin beliau serta berita di web SWA buat yang ingin tahu tentang Pak Himawan. 



Setelah selesai dan masuk sesi berikutnya. Ya Software Defined Network! Terus terang sebenarnya seminar ini cukup melenceng dari Teknik Industri, bisa dikatakan seminar Teknik Telekomunikasi kedua yang saya ikuti setelah seminar PLC omron. Bagaimana nggak, yang dibahas di sesi ini mengenai CISCO atau kepanjangan dari Computer Information System Company yang merupakan brand yang mengkhususkan segmen pasarnya ke bidang jaringan jaringan walaupun cisco juga memiliki produk seperti tablet, teleprence dan ip phone. Sebenarnya banyak sekali yang dibahas pada sesi ini, salah satu yang dibahas adalah mengenai tipe topologi serta impelementasinya secara lebih mendalam serta menjelaskan tentang jaringan generasi terbaru, cukup membuat saya tertarik kedalam dunia telekomunikasi khususnya jaringan. Lumayan dapat ilmu serta pengetahuan baru, walaupun sesekali bengong dengan teman TI seangkatan lainnya karena memang awalnya nggak terlalu ngerti tentang jaringan. 

Lanjut ke sesi selanjutnya yaitu how to prepare for global market competition, di sesi ini Pak Himawan memberikan tips dan trik dalam menyiapkan kita khususnya sebagai mahasiswa dalam menghadapi kompetisi pasar global. Hampir setiap slide berisi kalimat motivasi diiringi cerita pengalaman beliau dalam berkair baik di dalam maupun luar negeri. Terus terang cara presentasi yang baik dan menyenangkan benar-benar berhasil mengusir rasa ngantuk. Setelah itu beliau mempromosikan Jawdat Teknologi Indonesia, yaitu perusahaan yang bergerak di bidang jasa berupa pelatihan tentang jaringan komputer yang difokuskan untuk profesional dan siswa dalam rangka mempersiapkan diri dalam mengahadapi kompetisi global.  

Yang hampir lupa dari awal hingga akhir seminar diadakan kuis seputar apa yang dibahas dalam seminar ini dengan sistem polling menggunakan textello dari gulfware. Mahasiswa dengan nilai terbaik mendapat beasiswa Network Engineer+. Jadi setelah berapa slide kita disuruh sms ke nomor tertentu dengan format seperti "poll jawdat201". Oya textello itu sistem polling interactive pertama di middle east karya asli indonesia dari rekan-rekan pendiri Gulfware International, perusahaan IT solution provider berbasis di Dubai.



Sekitar jam 1an seminar selesai, terhitung nggak sia-sia dari bekasi ke bandung buat datang ke seminar ini, banyak sekali manfaat yang didapatkan. Terutama penjelasan beliau tentang pandangan orang indonesia apabila ingin bekerja di luar negeri begitu juga sebaliknya. Sesuatu yang terbilang langka untuk saya dapatkan bahkan tidak saya dapatkan dari orang tua saya sendiri. Salah satu yang saya salutkan dari beliau adalah rela untuk datang dari Dubai ke Indonesia untuk mengadakan seminar ini dengan biaya sendiri, yaitu dengan melelang koleksi buku CCNA beliau, justru malah menawarkan diri untuk mengadakan seminar ke kampus di Indonesia dengan tujuan untuk memajukan bangsa ini. Sungguh cita-cita yang sangat mulia diiringi tindakan nyata mudah-mudahan segera tercapai, tentu dengan kemauan dari masing-masing diri kita juga pastinya.