Jalan sendiri ? konstan ?

Posted by Unknown on 04.22 with No comments
Sering banget saya baca di majalah atau buku otomotif tentang salah satu fitur yang cukup keren. Yes, cruise control ? Fitur ini biasanya mulai ada di sedan kelas atas macam Camry dan Accord, SUV (Sport Utility Vehicle) macam harrier dan Land cruiser hingga MPV (Multi purpose Vehicle) macam Alphard dan Elgrand. Jadi sebenernya apa fitur ini ? fungsinya untuk apa ? Oke, tunggu penjelasannya ya. 

Cruise control adalah sebuah teknologi yang memberikan pengemudi kebebasan mengendarai mobil pada kecepatan stabil, tanpa kaki harus terus menerus menekan pedal gas. Jadi singkat kata, tinggal atur kecepatan sampai kira-kira cukup, terus aktifin fitur ini, sistemnya akan ngejaga mobil di kecepatan konstan tanpa perlu nginjek gas alias jalan sendiri. Fungsi fitur ini juga jelas biar mengurangi kelelahan pengemudi akibat perjalanan panjang atau sekedar untuk santai di jalan tol. 


Kaya gimana prinsip kerjanya ?

Karena cruise control ada jenisnya, jadi saya jelasin aja cara ngaktifin cruise control yang konvensional. Pertama injek pedal gas sampai di kecepatan yang dirasa udah cukup, terus tekan tombol cruise atau on, abis itu tekan set pada setir, dan mobil akan berjalan di kecepatan konstan (kecepatan terakhir saat menekan tombol). tapi kaki kiri tetep harus stand by di pedal rem, soalnya sewaktu-waktu ada mobil di depan, udah siap ngerem, setelah itu perlahan kecepatan mobil akan naik sampai kecepatan terakhir saat mencet tombol on.

Bahaya dong kalu kaki kiri nggak stand by di rem ? ya, tapi ada teknologi baru yaitu Adaptive Cruise Control. Apa bedanya ? tunggu penjelasannya.

Adaptive Cruise Control (ACC) yang disebut juga Autonomous Cruise Control System, menggunakan teknologi canggih untuk mengoperasikan pengereman dan mengontrol percepatan secara otomatis. Sistem ini terutama menggunakan laser atau radar yang mampu mendeteksi jarak dengan kendaraan di depan dan mempersiapkan pengereman ketika jarak terlalu dekat atau menambah kecepatan ketika jarak aman. Jadi intinya misal kaki kiri nggak stand by di pedal rem, mobil di kecepatan 80 km/jam, sedangkan di depan ada mobil yang pelan, sistem ini akan mengurangi kecepatan sampai objek di depan hilang ( kita salip atau mobil itu minggir) setelah itu kecepatan mobil naik lagi ke 80 km/jam. 


 Kapan fitur ini nggak boleh digunain ?

Ada beberapa kondisi dimana fitur ini nggak boleh digunain yaitu, pada jalanan dengan banyak tikungan, tanjakan, dan turunan soalnya dengan kondisi kaya gitu yang ada malah ngerem secara kontinyu dan nonaktifin sistem cruise control. Artinya, cruise control nggak cocok digunain di dalam perkotaan yang padat kendaraan bahkan banyak kemacetan. Dijalanan bersalju juga kurang tepat digunain soalnya jalanan licin dan akibatnya mobil slip & kehilangan traksi. 

Udah cukup jelas kan ? oh ya saya sendiri sebenernya belom pernah nyobain fitur ini, soalnya di medium sedan toyota belom ada fiturnya, jadi sebenernya masih penasaran juga...